Pengabdian Desa Margahayu Tengah

 ” Pelatihan Manajemen Koperasi dan Pemasaran Produk-Produk Hasil Koperasi Blok Ransel Dalam Rangka Memberdayakan Potensi Ekonomi Di Desa Margahayu Tengah Kabupaten Bandung”

Desa Margahayu Tengah merupakan salah satu desa yang memiliki potensi ekonomi yang besar bila dapat dikelola dengan baik. Pada desa Margahayu Tengah ini terdapat beberapa sentra industri antara lain sentra topi dan sentra tas yang memiliki ratusan warga yang bermata pencaharian sebagai produsen topi dan tas secara turun temurun.

Hasil wawancara dengan Kepala Desa Margahayu Tengah, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh warganya adalah belum adanya Koperasi yang mengelola hasil UMKM yang ada di Desa dari mulai penyediaan bahan, proses produksi dan pemasaran yang dapat dilakukan oleh Koperasi Blok Ransel. Sehingga para pelaku UMKM kesulitan untuk menerima pemesanan dari Lembaga baik Lembaga Negeri maupun Swasta di Dalam dan Luar Negeri.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi adalah melalui koperasi, dengan pengelolaan koperasi yang baik diharapkan perekonomian masyarakat desa akan meningkat. Sistem manajemen koperasi harus mengarah pada manajemen partisipatif sehingga prinsip kebersamaan, keterbukaan dapat tercapai sehingga setiap anggota koperasi akan memiliki rasa tanggung jawab bersama. Diharapkan dengan terbentuknya koperasi di Desa maka proses pengelolaan produk-produk hasil UMKM desa dapat terorganisir dengan baik dari mulai proses penyediaan bahan, proses produksi sampai dengan pemasaran produk-produk hasil koperasi tersebut.

 

Setelah diadakannya pelatihan ini, para pelaku UMKM dan masyarakat Desa Margahayu Tengah akan segera mendirikan koperasi untuk mengelola potensi-potensi usaha di Desa tersebut. Dari hasil feedback kegiatan pengabdian masyarakat ini, masyarakat sasar dapat merasakan manfaatnya dan berharap pelaksanaan pelatihan tentang koperasi dapat dilaksanakan secara lebih komprehensif dan konsultasi antara tim PkM dan masyarakat desa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *