5 Manfaat Strategi Omnichannel Untuk Mengembangkan Bisnis 

Manfaat Strategi Omnichannel

Salah satu goals dalam bisnis yaitu dapat menjangkau banyak pelanggan di berbagai saluran. Anda bisa merasakan manfaat strategi omnichannel sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Omni channel atau omnichannel merupakan strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan berkualitas tinggi di berbagai saluran media komunikasi yang digunakan pelanggan. 

Strategi tersebut bertujuan meningkatkan pengalaman pelanggan pada saluran media komunikasi. Apa saja manfaat yang didapatkan untuk bisnis? 

Mengenal Omnichannel 

Omnichannel marketing ini menjadi salah satu strategi yang diterapkan pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan. Strategi ini menyediakan pengalaman belanja yang terintegrasi. 

Misalnya mulai dari menyediakan gerai fisik hingga toko virtual untuk pelanggan. Sehingga, banyak manfaat strategi omnichannel yang bisa dirasakan pemilik bisnis. 

5 Manfaat Strategi Omnichannel Bagi Pemilik Bisnis 

Apa saja keuntungan menerapkan strategi ini? Simak penjelasan beberapa manfaat yang akan diperoleh pemilik bisnis. 

Retensi konsumen jadi lebih baik 

Setiap konsumen menginginkan adanya transaksi yang lebih nyaman. Oleh karena itu, strategi omnichannel menjadi opsi terbaik karena menyediakan berbagai pilihan pembayaran. 

Meningkatkan pendapatan 

Melalui pendekatan marketing omnichannel, konsumen akan terhubung dengan bisnis melalui berbagai media. Sehingga dapat meningkatkan engagement dalam banyak titik setiap terjadinya transaksi. 

Wajar jika strategi ini akan meningkatkan pendapatan bisnis. Bahkan, beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumen yang terhubung 30 persen lebih bernilai. 

Metode ini juga membantu meningkatkan potensi konsumen membeli lebih banyak. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan hingga 40 persen. 

Meningkatkan kepuasan pelanggan 

Strategi omnichannel tidak hanya berlaku pada satu arah saja. Konsumen tidak hanya memilih dan bertransaksi saja, melainkan mengharapkan pelayanan yang baik. 

Pelayanan tersebut juga diharapkan bisa diterima konsumen secara merata di berbagai kanal. Studi menyatakan sebanyak 64 persen konsumen menginginkan dukungan real time.  

Sementara itu, 75 persen konsumen akan mengunjungi bisnis dengan pelayanan yang baik. 

Meningkatkan pemberian referensi serta rekomendasi 

Terlepas dari resource, perusahaan saat melakukan pemasaran melalui media iklan bisa dibilang tidak bisa menyaingi kekuatan word of mouth. 

Disebutkan juga bahwa sebanyak 92 persen konsumen lebih mempercayai rekomendasi dari teman maupun keluarga dibanding iklan. 

Lebih efisien dari sisi operasional bisnis 

Mengintegrasi berbagai kanal mulai dari gerai fisik hingga online, maka menawarkan database lebih terpusat. Sehingga, bisnis akan lebih mudah diakses oleh konsumen. 

Banyak manfaat strategi omnichannel yang dirasakan pemilik bisnis. Oleh karena itu, juga dapat meningkatkan pendapatan serta mengembangkan bisnis. 

Referensi :

https://www.barantum.com/blog/omnichannel-adalah/

Penulis : Rachmatia Nurchaliza

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *