DESKRIPSI PROGRAM STUDI
Program Studi D3 Manajemen Pemasaran merupakan Program Studi yang menjalankan pendidikan vokasi di bidang Pemasaran. Pada Kurikulum 2020 ini, para peserta didik dari Program Studi D3 Manajemen Pemasaran akan dibekali dengan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang akan membentuk kompetensi utama mereka di bidang Pemasaran yang didukung dengan kemampuan Digital dan Kewirausahaan. Adapun pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
- Pengetahuan, keahlian dan kemampuan utama dari lulusan Pemasaran yaitu Service, Selling dan Branding;
- Pengetahuan, keahlian dan kemampuan untuk beradaptasi dengan era digital diantaranya Literasi Manusia, Literasi Data, Literasi Teknologi, E-commerce, Pemasaran Digital, Big Data for Marketing, Strategi Digital Branding, Digital Customer Experience;
- Pengetahuan, keahlian dan kemampuan pendukung yaitu Finance, Bahasa Inggris, kewirausahaan, dan Ekonomi
Dibandingkan dengan Program Studi sejenis lain, aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan penciri utama Program Studi ini. Oleh karena itu, para peserta didik juga akan memperoleh berbagai kajian mengenai pemanfaatan TIK di bidang Pemasaran, hal ini dilakukan untuk dapat menyiapkan lulusan yang dapat beradaptasi dengan perkembangan Teknologi Informasi yang sangat cepat.
DESKRIPSI PROGRAM STUDI
Program Studi D3 Manajemen Pemasaran merupakan program studi yang menjalankan pendidikan vokasi di bidang Manajemen Pemasaran. Para peserta didik pada program studi ini dibekali dengan berbagai jenis pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang akan membentuk kompetensi mereka di bidang Manajemen Pemasaran, seperti: Strategi Pengembangan Produk, Teknik Penetapan Harga, Penentuan Distribusi Produk, Teknik Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran dan Layanan Konsumen. Disamping itu, terdapat mata kuliah pendukung yang dapat meningkatkan kompetensi maupun daya saing lulusan, yaitu: Literasi TIK, Bahasa Inggris, Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis dan Kewirausahaan.
Dibandingkan dengan program studi sejenis lain, aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan penciri utama program studi ini. Oleh karena itu, para peserta didik juga akan memperoleh berbagai kajian mengenai pemanfaatan TIK di bidang Manajemen Pemasaran.
Program studi ini didirikan atas tingginya kebutuhan industri akan lulusan ahli madya Manajemen Pemasaran yang profesional dan berintegritas tinggi. Pendidikan vokasi sendiri mengandung arti bahwa pendidikan yang diselenggarakan diarahkan pada penguasaan dan pengembangan keahlian yang dapat diterapkan secara langsung di dunia kerja, sehingga lulusan program studi diharapkan dapat dengan mudah diserap oleh industri.
PROGRAM DESCRIPTIONS
Marketing Management is a program that running the vocational education in the field of Marketing Management. The students in the study program is equipped with various types of knowledge, skills and abilities that will shape their competence in the field of Marketing Management, such as: Product Development Strategies, Pricing Techniques, Product Distribution, Marketing Communications, Consumer Behaviour, Marketing Research and Customer Service. In addition, there are many subjects that can support the competencies and competitiveness of graduates, namely: ICT Literacy, English, Office Applications, Graphic Design and Entrepreneurship.
Compared to other similar program, aspects of Information and Communication Technology (ICT) is the main identifier of the study program. Therefore, the students will also get a variety of studies on the use of ICT in the field of Marketing Management.
This program was founded on the industry demand for marketing management graduates who has high integrity & professionalism. Vocational education itself implies that education held aimed at the acquisition and development of skills that can be applied directly in the workplace, so that in the program is expected to be easily absorbed by the industry.