STRUKTUR KURIKULUM 2024 PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN PEMASARAN

Semester 1
NoKode MKMatakuliahSKSSKS TeoriSKS Praktikum
1GFK1AAB2Pengantar Pemasaran220
2GFK1BAB3Manajemen 321
3GFK1CAB3Pengantar Ilmu Ekonomi321
4UBKXACB2Kewarganegaraan220
5UAKXACB2Agama Islam220
5aUAKXBCB2Agama Kristen220
5bUAKXCCB2Agama Katolik220
5cUAKXDCB2Agama Hindu220
5dUAKXECB2Agama Budha220
5eUAKXFCB2Agama Kong Hu Cu220
5fUAKXGCB2Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa220
6GFK1DAB2Praktikum Aplikasi Perkantoran202
7UCK1FDB1Internalisasi Budaya dan Pembentukan Karakter110
8GFK1EAB3Statistika Pemasaran312
Total18  
Semester 2
NoKode MKMatakuliaSKSSKS TeoriSKS Praktikum
1GFK1FAB3Manajemen Pemasaran303
2GFK1GAB3Akuntansi dan Keuangan untuk Bisnis312
3UBKXBCB2Pancasila220
4GFK1HAB3Perilaku Konsumen Digital312
5GFK1IAB3Pemasaran Jasa303
6UBKXCCB2Bahasa Indonesia220
7UCKXADB2Bahasa Inggris220
8GZK1AAB2Olah Raga202
Total20  
Semester 3
NoKode MKMatakuliah SKSSKS TeoriSKS Praktikum
1UCKXBDB2Kewirausahaan220
2GFK2AAB3Salesmanship312
3GFK2BAB2Konten Pemasaran202
4GFK2CAB3Pemasaran Ritel312
5GFK2DAB3Pemasaran Digital312
6GFK2EAB2Budgeting for Marketing220
7GFK2FAB3Manajemen Produk dan Inovasi312
8GFK2GAB2M.I.C.E Marketing220
Total20  
Semester 4
NoKode MKMatakuliahSKSSKS TeoriSKS Praktikum
1GFK2HAB3Pemasaran Berbasis Komunitas 312
2GZK2CAB2Pengembangan Profesionalisme220
3GFK2IAB3Periklanan dan Promosi Penjualan312
4GFK2JAB3Manajemen Layanan Pelanggan312
5GZK2BAC3Proyek Terapan303
6GFK2KAB3Pemasaran Melalui Media Sosial 303
7GFK2LAB3Big Data Untuk Pemasaran312
Total20  
Semester 5
NoKode MKMatakuliahSKSSKS TeoriSKS Praktikum
1GFK3AAB3Riset Pemasaran312
2GFK3BAB3Perilaku Organisasi Bisnis312
3GFK3CAB3Komunikasi Pemasaran312
4GFK3DAB3Manajemen Hubungan Pelanggan312
5GFK3EAB3Perencanaan Pemasaran312
6GFK3FAB3Manajemen Human Capital321
7GFK3GAB2Business English Presentation220
Total20  
Semester 6
NoKode MKMatakuliahSKSSKS TeoriSKS Praktikum
1GZK3EAB8Magang808
2GZK3DAB4 Seminar Magang404
3GFK3HAA4Tugas Akhir404
Total 16  

 

Capaian Pembelajaran Program Studi D3 Manajemen Pemasaran

SIKAP

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  2. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengimplementasikan bidang keilmuan dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat luas

ATTITUDE

  1. Capable of applying logical, critical, systematic, and innovative thinking in the context of developing or implementing science and technology, while upholding humanistic values in carrying out duties based on religion, morals, and ethics.
  2. Capable of demonstrating independent, high-quality, and measurable performance in applying their field of expertise to contribute to the wider community.

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis lainnya secara umum yang relevan untuk penyelesaian pekerjaan pemasaran
  2. Menguasai konsep teoritis data dan informasi digital serta cara kerja aplikasi teknologi secara umum yang dapat digunakan untuk penyelesaian pekerjaan pemasaran

KNOWLEDGE

  1. Masters other general theoretical concepts relevant to the completion of marketing tasks
  2. Masters the theoretical concepts of digital data and information, as well as the general workings of technology applications that can be used for the completion of marketing tasks

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan pemasaran secara umum
  2. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas

GENERAL SKILLS

  1. Able to master the general theoretical concepts of marketing knowledge and skills
  2. Capable of completing a wide range of tasks

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu membiasakan hubungan baik, membangun loyalitas serta melaksanakan aktivitas layanan bagi pelanggan dengan memanfaatkan teknologi

SPECIFIC SKILLS

  1. Able to foster good relationships, build loyalty, and perform customer service activities by leveraging technology.

[/showhide]