Pelajari Perbedaan Antara Market Research dan Marketing Research
Dalam dunia bisnis online mungkin kalian sering mendengar istilah Market Research dan Marketing Research. Kedua istilah yang mirip tapi sebenarnya memiliki makna yang berbeda antara satu dengan lainnya.
Nah bagi kalian yang saat ini sedang menjalankan bisnis online sangat penting untuk mempelajari perbedaan market research dan marketing research melalui artikel yang akan kami ulas berikut ini. Langsung saja simak ulasannya.
Market Research
Sesuai dengan namanya yakni ‘market’ merupakan sebuah studi spesifik yang memberikan gambaran kepada kita mengenai kondisi pasar tertentu yang mungkin tidak akan berlaku untuk bisnis lain. Karena notabenya setiap bisnis memiliki marketnya masing-masing yang harus dilakukan riset mendalam.
Market research ini tidak sekedar mengenali pasar saja, melainkan juga bisa kita memahami perilaku konsumen dari pasar tersebut mau seperti apa. Oleh sebab itu, dalam market research akan sangat membantu perusahaan untuk:
- Memahami peluang dan tantangan di pasar lebih detail
- Mengidentifikasi kebutuhan atau preferensi konsumen
- Analisa kompetisi untuk melihat bagaimana perusahaan kompetitor
- Menentukan strategi pemasaran dan penjualan yang lebih efektif
Marketing Research
Dibandingkan dengan market research yang hanya berfokus pada kondisi pasar, marketing research memiliki konsep yang lebih luas. Marketing research sendiri adalah sebuah usaha tentang pemahaman kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kegiatan penelitian marketing research akan mencukup empat pillar dasar yakni produk, harga, tempat, dan promosi mau seperti apa. Oleh sebab itu, marketing research akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam:
- Pengembangan dan pengoptimalan produk berdasar keinginan dan kebutuhan konsumen
- Penentuan harga yang optimal untuk sebuah produk atau layanan mereka
- Menentukan dimana dan bagaimana mereka harus menjual produk atau layanan tertentu
- Menentukan strategi promosi yang efektif dan efisien dalam menjangkau setiap konsumen mereka.
Kesimpulan
Perbedaan antara market research dan marketing research yang paling mendasar ialah pada fokus dan ruang lingkup mereka. Yang mana market research akan memiliki fokus pada pasar sekaligus sebagai keseluruhan dan perilaku pembeli dalam suatu pasar tersebut. Sedangkan untuk marketing research akan lebih luas mencakup seperti aspek strategi pemasaran, periklanan, distribusi, sampai dengan penjualan yang efisien itu seperti apa.
Demikianlah ulasan mengenai perbedaan market research dan marketing research yang bisa kami sampaikan. Jadi, kalau sudah tahu jangan sampai salah lagi ya.
Referensi :
https://www.sociodreams.com/apa-bedanya-market-research-vs-marketing-research/
Penulis : Sebastian Darren Desvera