Pemberdayaan UKM Alfiber Melalui Optimalisasi Integrasi Bisnis dengan Digitalisasi dalam Rangka Beradaptasi sengan Pandemic Covid 19
Sektor usaha informal yang disebut juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah sekian lama menjadi bidang yang berkontribusi cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi. Tetapi kondisi pandemi yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor industri. Tidak hanya industri skala besar, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga sangat terdampak dan perlu mendapat perhatian lebih karena bisa dikategorikan lebih rentan pada masa perebakan virus corona. Pandemic Covid-19 merubah perilaku konsumen, yang saat ini lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital. Sedangkan dari sisi peta kompetesi bisnis, terdapat perubahan lanskap industri dan peta kompetisi baru ditandai dengan empat karakeristik bisnis yaitu Hygiene, Low-Touch, Less-Crowd, dan Low-Mobility.
UKM Kain S Alfiber yang merupakan Industri Kecil yang bergerak dalam bidang produksi pengolahan limbah daun nanas menjadi helaian – helaian serat (serat daun nanas) memiliki potensi pasar luar negeri dan strategi pemasaran yang inovatif di pasar global menggambarkan Blue Ocean Strategy yang bisa diterapkan agar mampu menembus pasar ekspor sehingga produktivitas semakin meningkat dan semakin banyak tenaga kerja yang bisa diserap. Sehingga dari kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan melalui Penyuluhan terhadap ALFIBER terkait adanya perubahan perilaku konsumen dan peta kompetisi bisnis pada masa Pandemic Covid-19 dan Pelatihan Optimalisasi integrasi bisnis dengan dunia digital dalam hal memasarkan produk, dan memanfaatkan platform e-commerce untuk mengekspor produk lokal Indonesia ke luar negeri sehingga semakin banyak produk buatan ALFIBER dengan segala keunikannya dan dikemas dalam komoditi yang diterima oleh pasar international.
Diharapkan kedepannya ALFIBER dapat mengoptimalkan integrasi bisnis dengan dunia digital dalam hal memasarkan produk, dan memanfaatkan platform e-commerce untuk mengekspor produk lokal Indonesia ke luar negeri sehingga semakin banyak produk buatan Indonesia dengan segala keunikannya dan dikemas dalam komoditi yang diterima oleh pasar international dan juga menjadi pelaku usaha yang tangguh, mandiri, inovatif dan punya daya saing.
Program Pengabdian Masyarakat
Ketua : Ati Mustikasari, SE., MM
Anggota : Sampurno Wibowo, SE., M.Si
Pelaksananaan Kegiatan : 23 November 2021