Pengaruh AI Dalam Pemasaran Bisnis Online

Pengaruh AI Dalam Pemasaran Bisnis Online

Perkembangan digital marketing yang cukup pesat belakangan ini salah satunya terjadi karena peranan artificial intelligence (AI). Dimana teknologi ini dapat membantu kita untuk bekerja secara lebih efisien. Mulai dari urusan sederhana seperti desain sampai dengan analisa perkembangan bisnis sekarang bisa dengan AI.

AI telah menjadi teknologi dari digital marketing yang sulit untuk dipisahkan. Namun tahukah kalian apa saja pengaruh AI dalam dunia pemasaran digital saat ini? Selain buat desain, ternyata AI punya segudang manfaat lain sebagai berikut ini.

Analisis data

Melalui teknologi AI kita dapat melakukan mengumpulkan, menganalisa, sampai dengan mengurai data besar dengan lebih cepat sekaligus efisien. Sehingga memungkinkan kita sebagai pebisnis untuk bisa mempelajari tentang perilaku pelanggan sekaligus membaca trend pasar kedepannya seperti apa.

Personalisasi konten

Konten yang relevan dengan perilaku pelanggan sangatlah dibutuhkan saat ini oleh pelaku bisnis online. Karena semakin relevan dan sesuai dengan persona pelanggan maka akan membuat konsumen semakin dekat dengan bisnis kita. Nah personalisasi di era modern ini termasuk dalam peranan AI dalam pemasaran.

Otomatisasi kampanye

AI membuat semuanya serba otomatis, termasuk salah satunya dalam kita menjalankan sebuah kampanye. Mulai dari menjalankan kampanye, menentukan audiens, menentukan CPC, dan semuanya sekarang bisa dilakukan dengan kecerdasan buatan atau AI.

Chatbot atau layanan pelanggan

Dibandingkan dengan manusia, AI jauh lebih bisa standby 24/7. Mereka akan membalas setiap pertanyaan yang masuk sesuai dengan pengetahuan yang kita berikan. Dengan demikian, pemasaran akan lebih efektif dan efisien kapanpun konsumen datang.

Perilaku pelanggan

Sebagai pebisnis pemula mungkin akan sedikit kesulitan memahami pola perilaku pelanggan. Nah melalui AI ini semua data akan diolah sehingga kita bisa menentukan keputusan jauh lebih efektif. Tentunya keputusan yang sesuai dengan perilaku pelanggan itu sendiri.

Bagaimana, tertarik menggunakan AI dalam pemasaran?

Tentu masih banyak lagi peranan AI dalam pemasaran saat ini yang belum kami sebutkan diatas. Namun semoga ulasan singkat ini dapat memberikan sedikit gambaran mengenai peran AI dalam dunia bisnis online saat ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Referensi :

https://stekom.ac.id/artikel/bagaimana-peran-ai-dalam-pemasaran-digital#:~:text=AI%20memudahkan%20automasi%20berbagai%20proses,mengurangi%20beban%20kerja%20tim%20pemasaran.

Penulis : Sebastian Darren Desvera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *