4 Peran Social Computing Bagi Perusahaan yang Wajib Jadi Pertimbangan 

4 Peran Social Computing Bagi Perusahaan yang Wajib Jadi Pertimbangan 

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi yang kini semakin berkembang. Hal ini sejalan dengan peran social computing agar semua bisa mendapatkan akses terhadap informasi. 

Penggunaan social computing telah berkembang di perusahaan-perusahaan masa kini dengan berbagai cara demi tujuan masing-masing. 

Mengenal Apa Itu Social Computing 

Pada dasarnya komputasi sosial adalah bidang penelitian yang cukup luas mencakup ilmu komputer, ekonomi dan ilmu sosial lainnya. Sebelum internet, sebagian besar orang menggunakan komputer sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas. 

Sebab, internet memperkenalkan elemen sosial, yakni pengguna mendapatkan jaringan, berbagi minat hingga menerbitkan wawasan pribadi menggunakan komputer. 

Peran social computing akan menguntungkan pemilik bisnis dari segi sinergis jika menggunakannya untuk tujuan pengembangan bisnis. 

Sedangkan fungsi lainnya yaitu untuk memasarkan produk dan mempromosikan hubungannya dengan para pelanggan. 

Alasan lainnya mengapa komutasi sosial dianggap penting karena internet memungkinkan pengguna berinteraksi di banyak media, yakni melalui: 

  • Situs media sosial 
  • Blog 
  • Microblog 
  • Game yang melibatkan banyak pemain 
  • Wiki 
  • Pesan singkat 
  • Pengembangan menggunakan sumber terbuka 

Peran Social Computing untuk Perusahaan.

Terdapat empat kategori penggunaan komputasi sosial yang digunakan oleh perusahaan, antara lain: 

Shopping and social shopping 

Adanya social computing akan memberi semua orang akses terhadap informasi yang berasal dari kegiatan sosial di internet. 

Informasi yang tersaji akan tersaji secara langsung kepada penggunanya. Kategori peranan komputasi sosial yaitu berkaitan dengan shopping.  

Melalui metode e-commerce yang memenuhi aspek networks, maka perusahaan bisa memfokuskan diri ke ranah shopping. 

Para pembeli bisa dengan leluasa berinteraksi satu sama lain berdasarkan kesamaan selera, lokasi hingga jenis kelamin dan atribut lainnya. 

Social computing in business  

Salah satu metode dari komputasi sosial yaitu marketing. Marketing adalah proses membangun hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan untuk mendapatkan nilai lebih.  

Ada beberapa cara perusahaan dapat mengoptimalkan komputasi sosial di ranah marketing yang juga dipelajari di Telkom University

Ranah marketing untuk social advertising terbagi menjadi dua yaitu social ads. Social ads umumnya diletakkan oleh perusahaan di media sosial. 

Sedangkan social apps adalah aplikasi online yang dibentuk oleh perusahaan. Tujuan dari social apps yaitu sebagai media interaksi dengan para pengguna. Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau Linkedin untuk melakukan Market Research. 

Relation management 

Di era globalisasi seperti sekarang ini komputasi sosial juga bisa Anda manfaatkan untuk ranah customer Relationship management

Customer semakin diberdayakan dengan adanya berbagai cara untuk memberi komentar, sehingga perusahaan harus memperhatikan adanya komentar negatif. 

Human Resource Management 

Pengguna komputasi sosial selanjutnya yaitu Human Resource Management. Divisi HR sebuah perusahaan dapat menggunakan komputasi sosial untuk memenuhi segala kebutuhan perusahaan. 

Misalnya, HR bisa menggunakan komputasi pada saat proses rekrutmen, orientasi hingga pengembangan karyawan perusahaan. Ada banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika menggunakan komputasi sosial, namun konsumen juga bisa menggunakannya. 

komputasi sosial bagi customer menguntungkan karena dapat memberi kesempatan mempublikasi keluhan terhadap layanan perusahaan. 

Akibatnya, vendor akan cepat memberi respon. Pada dasarnya, customer juga bisa saling membantu apabila terjadi kesulitan. 

Selain itu, keinginan customer juga lebih cepat terealisasi. Hal ini juga memberi timbal balik kepada perusahaan karena lebih mengerti apa keinginan customernya. Perusahaan juga bisa melakukan test terhadap produk baru dengan lebih cepat dan biaya yang terjangkau.  

Peran social computing nyatanya tidak hanya menguntungkan dari segi perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Customer juga bisa mendapatkan manfaat, seperti mendapatkan solusi ketika terjadi komplain. 

Referensi

https://sis.binus.ac.id/2023/08/09/peran-social-computing/

Penulis : Ardita Clara D.G

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *