“Pelatihan Strategi Layanan Prima Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung”
Pengabdian Masyarakat Dana Internal, Skema Reguler, Periode 2 Tahun 2021
Ketua: Widya Sastika, ST., MM
Anggota: Fanni Husnul Hanifa, SE., MM
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran dalam mengatasi kemiskinan serta membantu dalam penyerapan tenaga kerja. Salah satu faktor penting yang dapat berdampak besar terhadap keberhasilan UMKM adalah kemampuan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Di Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler saat ini, terdapat 20 UMKM yang terdaftar yang sebagian besar bergerak di bidang jasa. Pada masa pandemi seperti saat ini, seluruh pelaku UMKM harus mengerahkan berbagai sumber daya agar mereka dapat bertahan.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM bagaimana seharusnya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pelatihan yang diberikan adalah berbentuk ceramah dan roleplay, pelaksanaan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para pelaku UMKM mampu menghasilkan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan, memperluas pangsa pasar, menciptakan loyalitas pelanggan yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi bisnis.
Kegiatan dilakukan pada hari kamis, 11 November 2021 di Room Meeting Lantai 2 Hotel Yehezkiel Bandung, bersama 20 Mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung.