Pengabdian kepada Masyarakat “Pelatihan Service Excellent Bagi Kader Posyandu Di Desa Buah Batu Kabupaten Bandung”
Pengabdian kepada Masyarakat :
“PELATIHAN SERVICE EXCELLENT BAGI KADER POSYANDU DI DESA BUAH BATU KABUPATEN BANDUNG”
Periode II Tahun 2018 Prodi D3 Manajemen Pemasaran Universitas Telkom
Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Desa Buah Batu Kabupaten Bandung di setiap RW terdapat layanan Posyandu. Pemerintahan desa Buah Batur secara aktif ikut mendukung kesuksesan pelaksanaan layanan Posyandu yang terdapat di setiap RW salah satunya adalah dengan upaya meningkatkan kemampuan dan peran kader Posyandu. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Seorang kader posyandu, selain harus memiliki kemampuan menyampaikan informasi juga harus dapat memberikan layanan yang baik bagi anggota masyarakat yang membutuhkan layanan dasar kesehatan di Posyandu. Untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan pelayanan maka pelatihan terutama mengenai service excellent sangat diperlukan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan service excellent para Kader Posyandu dapat memberikan layanan yang baik bagi masyarakat, apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.
By Widya Sastika, Fanni Husnul Hanifa (Dosen D3 Manajemen Pemasaran)