[Abdimas] Penerapan Aplikas Kualitas Produk Berdasarkan Customer Preference
UMKM Mazaya merupakan salah satu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang Garut yang telah menunjukkan potensi besar dalam industri kerajinan kulit. Namun, untuk tetap bersaing di era digitalisasi ini, Mazaya perlu menguasai strategi pemasaran yang efektif berbasis teknologi digital. Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing mereka, telah dilakukan pengabdian masyarakat yang difokuskan pada pelatihan pemasaran berbasis teknologi digital.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pemilik UMKM Mazaya beserta tim dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas merek, dan meningkatkan penjualan. Melalui pelatihan ini, para peserta akan mempelajari berbagai konsep pemasaran digital, termasuk penggunaan media sosial, strategi pemasaran online, optimisasi mesin pencari, dan penggunaan platform e-commerce. Pelatihan ini diselenggarakan dalam bentuk wawancara interaktif dan tutorial video bersama pemilik UMKM Mazaya dan tim secara aktif. Mereka diberikan pemahaman tentang dasar-dasar pemasaran digital dan diberikan contoh-contoh praktis yang relevan dengan industri kerajinan kulit..
Hasil dari pengabdian masyarakat ini sangat menggembirakan. Pemilik UMKM Mazaya dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang potensi pemasaran online dan dampaknya terhadap peningkatan daya saing usaha mereka. Mereka mampu menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif, mengoptimalkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka, dan menggunakan platform e-commerce untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan harapan Mazaya mengalami peningkatan visibilitas merek, peningkatan penjualan, pertumbuhan bisnis yang signifikan serta peningkatan daya saing UMKM Mazaya yang berkelanjutan.
Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi UMKM seperti Mazaya untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam pemasaran berbasis teknologi digital. Pengabdian masyarakat seperti pelatihan pemasaran berbasis teknologi digital yang dilakukan oleh Dosen – dosen program studi D3 Pemasaran pada hari selasa tanggal 10 Mei 2023 pada pukul 08.00 -selesai di Jl. Sukaregang kota Garut provinsi Jawa Barat, dapat memberikan fondasi yang kuat bagi pemilik UMKM untuk bertahan dan tumbuh di tengah persaingan global.