E-commerce dan Pengalaman Belanja Online yang Nyaman: Manfaatkan 5 Fitur Ini 

E-commerce dan Pengalaman Belanja Online yang Nyaman: Manfaatkan 5 Fitur Ini 

Salah satu alasan mengapa pebisnis memilih menjual produk pada e-commerce yaitu karena memiliki fitur-fitur menarik. Nyatanya e-commerce dan pengalaman belanja online yang nyaman saling berkaitan.  

Umumnya,  e-commerce memiliki fitur-fitur yang memudahkan dan membantu pebisnis meningkatkan penjualan. Pebisnis harus bisa memberikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan di tiap channel dan touchpoint, termasuk juga di marketplace.  

Memanfaatkan Fitur e-Commerce dan Pengalaman Belanja Online yang Nyaman 

Adanya e-commerce dan pengalaman belanja online yang nyaman merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan.  

Berikut ini 5 fitur yang bisa dimanfaatkan agar customer belanja lebih mudah, antara lain: 

1. Varian produk 

Pemilik bisnis bisa memanfaatkan fitur varian produk untuk menambahkan beberapa tipe produk mulai dari warna, motif, hingga ukuran.  

Marketplace juga menyediakan beberapa pilihan untuk setiap varian sehingga pebisnis hanya tinggal memilih sesuai dengan jenis produk.  

Fitur varian ini akan memudahkan pelanggan mengecek ketersediaan dan pemilihan varian produk sesuai dengan selera tanpa perlu mengirim chat 

2. Etalase 

Jika Anda menjual banyak tipe atau kategori produk, maka bisa mengatur dan mengelompokkan berdasarkan kategori.  

Tujuan dari fitur etalase ini adalah memudahkan para pelanggan yang akan mencari produk Anda.  

Selain itu Anda juga bisa membuat kategori khusus untuk beberapa produk yang sedang promo, produk unggulan, atau produk terbaru.  

Adanya etalase dengan kategori khusus akan memudahkan pengunjung terutama yang baru pertama kali melihat profil Anda.  

3. Deskripsi produk 

Selain perlu mengkategorikan dan menambahkan varian produk, penjual juga harus menambahkan deskripsi pada setiap produk.  

Berikan deskripsi produk dengan jelas, padat, dan lengkap. Anda bisa menulis spesifikasi produk, keunggulan dan garansi.  

4. Banner toko 

Fitur yang tak kalah penting lainnya yaitu banner toko. Pastikan profil toko Anda pada e-commerce sudah didekorasi dengan desain banner yang menarik.  

Pada umumnya, e-commerce menyediakan banyak tempat untuk menambahkan banner. Anda bisa memilih bentuk slide, foto atau video.  

Ada juga beberapa e-commerce yang memungkinkan Anda menambahkan tautan pada banner agar toko terlihat aktif.  

5. Balasan otomatis 

Gunakan balasan otomatis yang bisa merespon chat customer. Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang ditanyakan lebih cepat.  

Hal tersebut akan lebih menghemat waktu pelanggan akan lebih cepat mendapatkan jawaban mereka.  

E-commerce dan pengalaman belanja online yang nyaman menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal itu juga akan menguntungkan penjual dan pembeli.  

Referensi

https://www.sirclo.com/blog/manfaatkan-6-fitur-ini-agar-pengalaman-belanja-pelanggan-lebih-nyaman/

Penulis : Ardita Clara D.G

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *