4 Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing yang Paling Mudah Dipahami
Dalam strategi pemasaran terdapat dua metode yang sering digunakan. Walaupun terlihat hampir sama, namun pada dasarnya terdapat perbedaan inbound dan outbound marketing. Anda perlu memahami perbedaan, sebab strategi pemasaran memiliki penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.
2 Metode Dalam Strategi Pemasaran
Perbedaan inbound dan outbound marketing pertama dapat dilihat dari segi pengertian.
Outbound marketing
Jenis marketing yang mengharuskan perusahaan menjangkau calon pelanggan secara mandiri disebut outbound marketing. Strategi ini mencakup penyebaran brosur, iklan dan telemarketing ke banyak orang. Pada dasarnya, strategi ini merupakan cara lama yang berfokus pada marketer dengan cara mengganggu aktivitas pelanggan. Kekurangan dari strategi ini yaitu membutuhkan biaya yang besar.
Inbound marketing
Sedangkan inbound marketing memiliki pengertian teknik untuk menarik dan melibatkan pelanggan. Metode ini berfokus pada pelanggan. Pengemasan marketing dikemas dalam konten yang menarik, sehingga memancing pelanggan mendatangi bisnis Anda. Paling banyak, inbound marketing menggunakan media sosial.
Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing
Beberapa perbedaan mendasar dari kedua metode marketing ini, yaitu:
Segi pendekatan
Sesuai dari pengertian masing-masing, pemasaran outbound menjangkau calon pelanggan maupun bukan. Sedangkan untuk pemasaran inbound menggunakan konten untuk menarik pelanggan. Cara pemasaran inbound akan menghasilkan calon pelanggan berkualitas jika dibanding metode lain.
Target yang dituju
Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari target yang dituju. Outbound marketing berfokus pada penjelasan produk yang dijual tanpa ada maksud lainnya. Sedangkan untuk metode inbound lebih menekankan menarik target agar tertarik melihat konten yang telah dibuat.
Interaksinya dengan konsumen
Untuk selanjutnya, perbedaan dapat dilihat dari segi interaksi dengan konsumen. Inbound marketing lebih mengacu ke komunikasi dua arah dengan calon pelanggan. Strategi marketing ini memikirkan apa yang lebih dibutuhkan oleh calon pelanggan. Sehingga, sebagian besar konten yang dibuat harus yang menarik calon pelanggan. Sedangkan untuk metode komunikasi pada outbound marketing berjalan di satu arah saja. Pada dasarnya, metode ini menggunakan teknik hard selling untuk menjual sebuah produk.
Medium strategi
Jika dilihat dari segi medium strategi, maka pemasaran inbound menggunakan blog, media sosial dan influencer. Sedangkan untuk metode outbound marketing mengacu pada pemakaian billboard, brosur, majalah, hingga iklan televisi.
Adanya perbedaan inbound dan outbound marketing pada dasarnya bertujuan yang sama, yaitu untuk kemajuan perusahaan.
Referensi
https://www.xendit.co/id/blog/perbedaan-mendasar-antara-inbound-marketing-dan-outbound-marketing/
Penulis: Nabillah Farah Nada