Memahami Perbedaan Antara Pemasaran B2B dan B2C
Dalam dunia bisnis ada dua istilah yang mendasar yakni B2B dan B2C. Keduanya penting untuk diketahui oleh kalian yang sedang mengeluti dunia bisnis. Karena ini merupakan dua dasar utama dalam menjalankan berbagai bisnis apapun itu.
Pengertian B2B sendiri ialah sebuah bisnis yang menggunakan transaksi antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh sebab itu disebut dengan B2B. Sementara itu, pengertian B2C ialah bisnis yang transaksinya antara bismis dengan pelanggan secara langsung.
Dalam menjalankan bisnis keduanya memiliki perbedaan terutama dari segi pemasaran. Nah berikut sudah kami rangkum tiga perbedaan antara pemasaran B2B dengan B2C selengkapnya.
1. Beda Pendekatan Bahasa dan Audience
Dalam menjalankan sebuah bisnisnya B2B kebanyakan menggunakan bahasa yang lebih teknis agar mudah dipahami oleh kliens bisnis mereka. Sementara itu untuk B2C, bahasa yang digunakan cenderung lebih kreatif, menarik, sekaligus mudah dipahami banyak pelanggan.
Audiens yang menggunakan B2B biasanya lebih suka dengan efisiensi dan keahlian. Beda dengan B2C yang lebih mengedepankan pada perbandingan harga, mencari hiburan, sampai dengan kebutuhan yang bersifat ringan. Oleh sebab itu, proses pembelian B2B dipicu oleh pendekatan rasional dan logis sedangkan B2C dipicu keinginan.
2. Perbedaan Objektif dan Konten
B2B lebih membutuhkan banyak edukasi dibandingkan dengan B2C yang membutuhkan edukasi ringan. Oleh sebab itu, jenis objektif dan konten yang disampaikan oleh B2B akan cenderung lebih panjang, penuh isi, dan edukatif. Kalau sebuah bisnis B2B harus membuktikan diri mereka bahwa mereka sudah ahli atau expertise di bidang tersebut.
Sementara itu B2C mengandalkan objektif dan konten yang ringan, mudah diingat, serta langsung menampilkan keunggulan dari produk itu sendiri. Karena notabenya mereka akan berhubungan langsung dengan konsumen yang memiliki pola pikir awam akan sebuah produk tertentu.
3. Proses Pengambilan Keputusan
Perbedaan pemasaran B2B dan B2C selanjutnya terletak pada pengambilan keputusan sampai dengan pembelian. Tentu karena B2B lebih panjang maka flow yang dibuat akan lebih kompleks sehingga akan melibatkan banyak pihak karena biasanya bersifat korporasi.
Sedangkan untuk B2C karena langsung ke konsumen maka pengambilan keputusan marketing bisa dilakukan sendiri atau tim tanpa perlu banyak pengaruh dari berbagai macam pihak. Salah satu penyebabnya ialah B2C cenderung lebih sederhana dan tidak memikirkan dampak perusahaan lainnya setelah keputusan diambil.
Bagaimana, sudah tahu perbedaan pemasaran B2B dan B2C diatas?
Demikianlah ulasan mengenai pemasaran B2B dan B2C yang bisa kami sajikan. Dengan mengetahui perbedaan keduanya maka kita bisa membuat pemasaran yang efektif sekaligus menyasar langsung konsumen yang tepat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.
Referensi :
https://stickearn.com/insights/news/tiga-perbedaan-marketing-b2b-dan-b2c
Penulis : Sebastian Darren Desvera