PkM: Peningkatan Keterampilan Karang Taruna Kel. Sukaluyu Bandung

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KARANG TARUNA KELURAHAN SUKALUYU  KOTA BANDUNG

MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

 

Ketua: Widya Sastika (Prodi D3 Manajemen Pemasaran)

Anggota: Fanni Husnul Hanifa (Prodi D3 Manajemen Pemasaran)

Kelurahan Sukaluyu merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Kelurahan Sukaluyu terdiri dari 11 RW. Lembaga Pemerintahan/ Badan dan Organisasi kemasyarakatan yang berada di Kelurahan Sukaluyu adalah LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), PKK (Pembedayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Karang Taruna dan Majelis Ulama. Dalam menjalankan aktivitasnya, Kelurahan memiliki peran dalam memberikan informasi/ himbauan kepada masayarakat. Informasi/ himbauan yang biasanya diberikan oleh pihak kelurahan seperti informasi tata kelola pelayanan public, informasi pengingat masyarakat agar membayar pajak tepat pada waktunya, himbauan masyarakat agar waspada terhadap segala bentuk aksi radikalisme maupun anarkis dan lain sebagainya. Bentuk informasi atau himbauan tersebut biasa disebut dengan iklan layanan masyakarat. Iklan layanan masyarakat tidak bersifat komersil, tidak mengandung muatan politik, ditujukan untuk khalayak umum. Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia.

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak kelurahan, salah satu permasalahan adalah Karang Taruna di Kelurahan Sukaluyu sudah terbentuk namun banyak pengurus maupun anggotanya yang tidak aktif, selain itu karang taruna kelurahan Sukaluyu belum pernah mendapatkan pendidikan/ pelatihan baik di bidang keorganisasian maupun di bidang keterampilan. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan membuat iklan layanan masyarakat dengan menggunakan coreldraw dan adobe photoshop. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, karang taruna dapat membuat iklan layanan masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh pihak kelurahan dalam memberikan informasi/ pesan persuasive kepada masyarakat.

Kegiatan Pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 30 September 2020, Pukul 13.00 s.d selesai di Aula Kantor Kelurahan Sukaluyu dengan memperhatikan protocol kesehatan perihal keadaan pandemic covit 19.

Video Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat https://youtu.be/EQoc8zCZx2c

PkM: Peningkatan Keterampilan Karang Taruna Kel. Sukaluyu Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas