Mengenal Perbedaan Omnichannel Dan Multichannel Secara Tepat 

Mengenali perbedaan omnichannel dan multichannel dalam sebuah bisnis sangatlah penting untuk dilakukan.  Dengan memahami perbedaan omnichannel dan multichannel ini akan memudahkan pebisnis untuk menjalankan usahanya. Lantas, apakah perbedaan antara kedua saluran bisnis ini? Mari simak pembahasannya lebih lengkap disini. 

Perbedaan Omnichannel Dan Multichannel serta Definisinya  

Omnichannel sendiri merupakan pendekatan lintas saluran yang berfokus pada konsumen atau pelanggan. Tujuan pendekatan ini ialah memberikan pengalaman bagi para kustomer yang lebih baik dan bermakna di seluruh saluran penjualan. Baik saluran penjualan online maupun offline. Harapannya, bisnis maupun perusahaan mampu menggunakan aplikasi Omnichannel sesuai kebutuhan. Penggunaannya bertujuan agar keselarasan layanan dan konsistensi program melalui integrasi lintas saluran semakin mudah dan efektif dalam satu platform. Dengan kata lain, aplikasi Omnichannel akan memudahkan para pebisnis dan pelanggan untuk berinteraksi. 

Sebenarnya perbedaan omnichannel dan multichannel paling mendasar berada pada jumlah saluran penjualan yang digunakan. Menurut definisi Multichannel adalah model bisnis yang memakai lebih dari satu saluran marketing (penjualan). Bentuk pemasarannya bisa dilakukan dengan beragam media. Seperti, website, media sosial, email maupun SMS. Tak menampik jika pilihan multichannel akan terus bertambah seiring dengan majunya zaman dan teknologi informasi. Multichannel dapat dioperasikan secara terpisah dengan perhatian khusus dari agen. Sehingga tidak ada saluran yang terabaikan. 

Perlu diketahui, saluran-saluran ini tidak terintegrasi dimana interaksi antar saluran akan sangat minim. Namun, sisi positifnya ialah sistem ini memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda karena saluran yang dimiliki berjumlah banyak. Darisinilah perbedaan omnichannel dan multichannel marketing nampak terlihat jelas. Sehingga Anda atau perusahaan lebih mudah dalam menentukan pilihan.  

Konsep yang Dianut Omnichannel dan Multichannel 

Setelah mengetahui definisi kedua saluran pemasaran diatas, Anda perlu mengetahui apakah konsep yang dianut oleh keduanya. 

Secara garis besar, Omnichannel merupakan terusan dari Multichannel. Konsel yang dianut sebetulnya hampir serupa. Hanya saja, perbedaan utamanya ialah fitur dan integrasi yang lebih modern dalam Omnichannel. Omnichannel dapat melakukan automasi analisis serta menyajikan data yang lebih akurat. Kendati keduanya membutuhkan strategi, semua akan kembali kepada kebijakan perusahaan yang akan menerapkannya. Lagi-lagi karena Omnichannel merupakan terusan dari Multichannel maka, saluran ini dikenal lebih uptodate alias modern dalam fiturnya. 

Demikianlah pembahasan singkat terkait perbedaan omnichannel dan multichannel. Semoga Anda memiliki gambaran lebih jelas tentang hal ini. 

Referensi

https://qontak.com/blog/omnichannel-vs-multichannel/

Penulis: Nabillah Farah Nada

https://it.telkomuniversity.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *