[Abdimas] Peningkatan Daya Saing Wirausaha Muda Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang Garut Melalui Pelatihan Pemasaran berbasis Teknologi Digital
Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang Garut telah menjadi rumah bagi banyak wirausaha muda yang berbakat dan berdedikasi di industri kerajinan kulit. Namun, untuk tetap bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif, mereka perlu mengadopsi strategi pemasaran yang modern dan efektif. Melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada hari selasa tanggal […]
[Abdimas] Penerapan Aplikas Kualitas Produk Berdasarkan Customer Preference
UMKM Mazaya merupakan salah satu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang Garut yang telah menunjukkan potensi besar dalam industri kerajinan kulit. Namun, untuk tetap bersaing di era digitalisasi ini, Mazaya perlu menguasai strategi pemasaran yang efektif berbasis teknologi digital. Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing mereka, telah dilakukan pengabdian […]
[Abdimas] Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Penjualan Produk UMKM Sukaregang Garut melalui Social Commerce
Kawasan Sukaregang memiliki kurang lebih 225 pengrajin kulit yang sudahs sejak lama. Dengan turun temurun dari setiap kelurga memiliki keahlian degan pengembangkan produk kulit menjadi bernilai dan terdapat beberapa perusahaan mikro yang diusahakan oleh keluarga di rumah. Usaha rumahan ini mampu memberikan penghasilan bagi anggota-anggota keluarga dan beberapa tetangga yang ikut bekerja di sana. Jenis […]
[Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom “Pelatihan Konsep dan Strategi Pemasaran Berbasis Segmen, Merek dan Pelayanan Bagi Siswa/i SMA Negeri 1 Padalarang”]
Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Universitas Telkom melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kawasan NagaRa Puntang Kabupaten Bandung dengan Tema “Pelatihan Konsep dan Strategi Pemasaran Berbasis Segmen, Merek dan Pelayanan Bagi Siswa/i SMA Negeri 1 Padalarang” Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Juli 2023, di Lab Fisika SMA Negeri 1 Padalarang. Kegiatan […]
Pemberdayaan UKM Alfiber Melalui Optimalisasi Integrasi Bisnis dengan Digitalisasi dalam Rangka Beradaptasi sengan Pandemic Covid 19
Sektor usaha informal yang disebut juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah sekian lama menjadi bidang yang berkontribusi cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi. Tetapi kondisi pandemi yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap berbagai sektor industri. Tidak hanya industri skala besar, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga sangat terdampak dan […]
Digitalisasi Promosi Produk UKM Bunga Hiasan Rosy dalam Upaya Peningkatan Penjualan
Pengabdian Masyarakat dengan Mitra UKM Fakultas Ilmu Terapan Bunga Rosy. Pengabdian masyarakat ini merupakan program lanjutan dari semester sebelumnya dengan mitra yang sama. Hasil pengabdian berupa website UKM Bunga Rosy dengan alamat : www.bungarosy.com
“Pelatihan Strategi Layanan Prima Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung”
Pengabdian Masyarakat Dana Internal, Skema Reguler, Periode 2 Tahun 2021 Ketua: Widya Sastika, ST., MM Anggota: Fanni Husnul Hanifa, SE., MM Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran dalam mengatasi kemiskinan serta membantu dalam penyerapan tenaga kerja. Salah satu faktor penting yang dapat berdampak besar terhadap keberhasilan UMKM adalah […]
Implementasi Teknologi Pemasaran Digital UMKM Sumedang Dalam Rangka Penguatan Ekonomi Dimasa Pandemik Covid -19
Desa Jatisari terdapat beberapa perusahaan mikro yang diusahakan oleh keluarga di rumah. Usaha rumahan ini mampu memberikan penghasilan bagi anggota-anggota keluarga dan beberapa tetangga yang ikut bekerja di sana. Jenis usahanya bervariasi dari produk makanan maupun kerajinan. Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha […]
Pembuatan Website UMKM Kavarani
Pengabdian Masyarakat berupa pembuatan website salah satu mitra industri Fakultas Ilmu Terapan yaitu UMKM Kavarani sebagai salah satu saluran promosi digital. Alamat website : www.kavarani.com
Optimasi Sosial Media dalam Meningkatkan Penjualan Pada UKM Bunga Rosy
Ketua : Sri Widaningsih, S. Psi., MM Anggota : DR. Harrie Lutfie & Rahmat Hidayat, SE., M.M Pada Saat ini, media sosial merupakan salah satu media promosi yang menjadi pilihan utama para pelaku usaha untuk memasarkan usahanya. Melalui media sosial, pelaku usaha dapat memamerkan barang yang dijual melalui gambar-gambar dan video yang dibuat semenarik mungkin. […]